Kamis, 22 Desember 2011

Tinjauan Menyeluruh Proses Bisnis ( Sistem Informasi Akuntansi )


1. Di bioskop, ada seorang pegawai yang biasanya bertanggungjawab untuk memberikan karcis dan menerima uang, sementara pegawai lainnya mengumpulkan karcis saat penonton memasuki bioskop. Apa alasan kegiatan ini?
Jawab:
Alasannya adalah karena setiap pegawai mempunyai kerjaannya masing-masing agar tidak ada bentrok dalam mengerjakan tugasnya. Karena setiap film yang akan segera dimulai, pegawai wajib mengambil tiket sebagai tanda penonton tersebut telah mempunyai tiket, agar penonton bisa masuk ke dalam bioskop.

2. Banyak restoran yang menggunakan nota pesanan pelanggan yang telah diberi nomor terlebih dahulu. Setiap pelayan diberikan nota ini untuk menulis pesanan pelanggan. Pelayan diberitahukan untuk tidak membuang satupun nota pelanggan tersebut. Apabila terjadi kesalahan, mereka harus membatalkan nota tersebut dan menulis yang baru. Setiap hari, seluruh nota yang dibatalkan akan dikembalikan ke manajer. Bagaimanakah cara kebijakan ini dapat membantu restoran untuk mengendalikan penerimaan kasnya?
Jawab:
Karena nota tersebut sebagai bukti semua pengeluaran yang telah dibeli oleh pelanggan, nota diberikan nomor agar manajer bisa lihat semua secara terperinci. Nota yang dibatalkan diberikan ke manajer  agar tidak ada kesalahan dalam semua perhitungan dan pengeluaran makanan yang ada karena semua nota akan di periksa oleh manajer, karena manajer akan melihat nota tersebut dari awal hingga akhir.

3. Sebutkan siklus-siklus transaksi bisnis yang terjadi pada umumnya pada suatu organisasi. Dan tuliskan kegiatan bisnis yang umum dan dokumen sumber yang dihasilkan pada masing-masing siklus transaksi tersebut !
Jawab:
1.      The revenue cycle: siklus pendapatan mencakup kegiatan penjualan dan penerimaan     dalam bentuk uang tunai
2.      The expenditure cycle: siklus pengeluaran, mencakup kegiatan pembelian dan pembayaran dalam bentuk uang tunai
3.      The human resources/payroll cycle: siklus penggajian sumber daya manusia, mencakup kegiatan mengontrak dan menggaji pegawai
4.     The production cycle: siklus produksi, mencakup kegiatan mengubah bahan mentah dan buruh menjadi produk jadi
5.      The financing cycle: siklus keuangan,mencakup kegiatan untuk mendapatkan dana dari investor dan kreditor dan membayar mereka kembali




Tidak ada komentar:

Posting Komentar